Gigitan Anjing Liar Pada Anabul Dapat Sangat Mematikan

Gigitan anjing liar dapat sangat mematikan bagi anabul Anda. Bagaimana mungkin? apabila gigitan itu berasal dari anjing yang terjangkit rabies. Selain melalui gigitan, virus rabies di lingkungan juga dapat masuk ke tubuh anabul Anda melalui luka (meski hanya luka goresan). Virus yang masuk ke tubuh akan berreplikasi dan menyebar dari saraf bagian tepi ke susunan saraf pusat (otak).

Uji Lab Untuk Rabies

Tanda klinis pada anabul yang terinfeksi akan muncul setelah virus rabies mencapai otak (menginfeksi cukup luas sel-sel otak). Karena virus ini menyebar di sistem saraf, pengecekan darah di laboratorium klinik hewan tidak dapat meneguhkan diagnosis yang spesifik. Sayangnya, belum ada uji laboratorium yang dapat mendiagnosis lebih awal penyakit rabies pada anabul. Rabies akan ketahuan jelas dari tanda klinis yang mengarah ke penyakit ini dan dari hasil uji lab sampel otak (hanya setelah hewan mati).

Pertolongan Saat Anabul Tergigit

Apabila anabul tergigit oleh anjing liar, segera bilas luka gigitan menggunakan air dan sabun selama kurang lebih 15 menit. Pertolongan ini akan membantu membunuh virus yang ada disekiitar luka gigitan. Setelah itu, berikan antiseptik. Antiseptik dapat berupa betadin, alkohol 70% atau lainnya. Terakhir segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis lanjutan. Anabul sebaiknya segera dikarantina selama 14-21 hari pertama, untuk mengetahui apakah ada tanda klinis infeksi rabies yang teramati.  Virus rabies dapat berada dalam tubuh anabul sebelum munculnya tanda klinis sekitar 21-80 hari. Oleh karena itu kita masih harus waspada cukup lama.

Gambar 1. Penyebaran virus rabies pada anabul setelah tergigit hewan penular rabies. Sumber : Today Veteriner Practice & ilustrasi gambar oleh Kip Carter.

Tanda Klinis

Tanda klinis pada anabul yang terinfeksi sangat bervariasi antara lain, demam, tidak nafsu makan, adanya perubahan tingkah laku (seperti bersembunyi, menyendiri, agresif/galak, mengigit benda-benda sekitar), mengeluarkan liur yang banyak, sempoyongan, kejang-kejang dan lumpuh.  Kematian umumnya terjadi 2-5 hari sejak terlihatnya tanda klinis.

Vaksinasi Rabies Pada Anabul

                Cara terbaik melindungi anabul kesayangan dari rabies adalah dengan memberikannya vaksinasi rutin tiap tahunnya. Vaksin rabies dapat dimulai sejak umur 16 minggu (3 bulan). Terlepas dari pencegahan, sudah jadi aturan pemerintah, setiap anabul peliharaan harus mendapatkan vaksinasi rabies.

Sumber : kemkes.go.id, pets.webmd.com dan todaysveterinarypractice.com