Emergency In Puppies

Beberapa kondisi darurat yang sering terjadi pada puppies dan kitten diantaranya adalah hipotermia (suhu tubuh rendah), dehidrasi (kehilangan cairan tubuh), dan hipoglikemia atau gula darah rendah. Untuk anak anjing keadaan darurat yang sering terjadi yaitu suhu tubuh yang rendah.

 

Hipotermia

Kondisi hipotermia atau suhu tubuh rendah pada anak anjing dapat menyebabkan tingkat kematian yang signifikan. Anak anjing yang baru lahir tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya, dan bergantung pada panas tubuh induk untuk membantu mempertahankan suhu tubuh. Dalam  kondisi ini menghangatkan kembali anak anjing merupakan langkah pertama yang penting dalam perawatan, karena kondisi hipotermia dapat menghambat motilitas lambung dan menyebabkan bradikardia, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan laju pernapasan dan kolaps peredaran darah. Suhu rektal normal anak anjing yang baru lahir berkisar antara 95 hingga 99  F (35 hingga 37,2 C). Neonatus hipotermia perlu dihangatkan secara perlahan hingga suhu rektal mencapai 97 hingga 98 F (36,1 hingga 36,6 C). Menghangatkan tubuh anak anjing dalam waktu terlalu cepat dapat meningkatkan kebutuhan metabolisme anak anjing, yang dapat menyebabkan kolaps paru dan peredaran darah. Beberapa metode dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh anak anjing, penggunaan inkubator adalah metode yang sangat ideal, penggunaan bantalan air hangat, botol air hangat, kain hangat, atau penggunaan lampu inframerah dapat digunakan namun tetaplah berhati-hati dan pastiksan anak anjing tidak kepanasan atau terbakar. Suhu lingkungan yang ideal adalah 85 hingga 90 F (29,4 hingga 32,3  C), disarankan untuk menempatkan bantalan sirkulasi air hangat di langit-langit kandang untuk menciptakan lingkungan yang lebih hangat atau menutup kandang dengan kain agar suhu dikandang bisa tetap hangat.

 

Selain itu pada kondisi tertentu untuk anak anjing dengan kondisi yatim piatu, tidak dapat menyusu ke induk, atau induk menolak untuk menyusui maka perlu dilakukan tindakan untuk membantu anak anjing dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Ada beberapa kebutuhan penting yang harus dipenuhi untuk memastikan kelangsungan hidup mereka. Kebutuhan ini termasuk suhu yang sesuai, kelembaban, nutrisi, eliminasi, sanitasi, dan stimulasi sosial. Untuk kebutuhan nutrisi hal ini menjadi penting dan membutuhkan bantuan pemilik. kebutuhan nutrisi pada anak anjing dapat digantikan atau dipenuhi dengan pemberian susu bubuk formula khusus untuk anak anjing. Jumlah rata-rata pemberian cairan pada anak anjing untuk perharinya yaaitu sekitar 180ml/kg berat badan. Pemberian susu formula juga dapat disesuaikan dengan berat badan dari anak anjing seperti tabel dibawah ini :

 

 

References:

  1. Macintire DK. Pediatric intensive care. Vet Clin North Am Small Anim Pract 1999;29(4):971-988.
  2. Lawler DF. Neonatal and pediatric care of the puppy and kitten. Theriogenology 2008;70(3):384-392.
  3. Plunkett SJ. Fading neonatal syndromes. In: Emergency procedures for the small animal veterinarian. 2nd ed. Philadelphia, Pa: WB Saunders, 2000;213-215